Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

Eksplorasi Lebih Dalam: 10 Fitur Canggih watchOS 10 yang Jarang Diketahui

Apple bulan lalu meluncurkan watchOS 10, pembaruan perangkat lunak utama terbaru untuk model Apple Watch yang kompatibel, serta Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra generasi kedua, yang keduanya hadir dengan watchOS 10 yang sudah diinstal sebelumnya. Fitur utama watchOS 10 mencakup antarmuka Smart Stack baru dengan widget, tampilan jam baru, dan banyak lagi.

 

Dalam artikel ini, kami telah membuat daftar 10 fitur dan peningkatan lainnya dalam perangkat lunak jam tangan pintar baru Apple, yang mungkin belum Anda ketahui. Ingatlah bahwa watchOS 10 membutuhkan Apple Watch Series 4 atau yang lebih baru dan iPhone XS atau yang lebih baru yang menjalankan iOS 17.

 

 

1. Mengotomatiskan Mode Malam

 

Pada model Apple Watch Ultra, watchOS 10 menghadirkan tampilan jam Modular Ultra baru yang, seperti tampilan Wayfinder, mendukung Mode Malam. Night Mode menempatkan filter merah pada tampilan, dan sebelumnya hanya dapat diaktifkan secara manual dengan memutar Digital Crown.

 

Namun, di watchOS 10, terdapat pengaturan Mode Malam di layar edit tampilan jam untuk kedua tampilan jam ini yang memungkinkan Anda mengaturnya ke Otomatis atau Nyala/Mati. Pada pengaturan Auto, Mode Malam akan secara otomatis aktif dalam kondisi pencahayaan yang kurang, seperti saat lengan baju menutupi jam tangan atau saat Anda melihatnya di ruangan gelap. Perhatikan bahwa memutar Digital Crown tidak lagi berfungsi, karena tindakan ini sekarang memunculkan Widget Stack yang baru.

 

 

2. Memeriksa Status Pusat Kontrol

 

Ikon kecil di bagian atas Control Center menunjukkan status pengaturan tertentu – misalnya, Apple Watch Anda tersambung ke seluler, lokasi Anda sedang digunakan oleh app, dan fitur seperti Mode Pesawat dan Jangan Ganggu dalam keadaan aktif.

 

 

3. Mengatur Beberapa Pengatur Waktu

Seperti iPhone yang menjalankan iOS 17, Anda dapat mengatur beberapa timer bersamaan di Apple Watch dan memberi label pada masing-masing timer untuk membedakannya dengan mudah.

 

Buka app Pengatur Waktu, buat dan mulai pengatur waktu, lalu ketuk tombol + di sudut kanan atas untuk kembali ke layar Pengatur Waktu, tempat Anda dapat membuat dan memulai pengatur waktu lainnya.

 

Dengan beberapa timer yang menghitung mundur, Anda dapat menggunakan Digital Crown untuk beralih di antara tampilan timer, atau sebagai alternatif, Anda dapat melacaknya dalam daftar timer. Untuk menetapkan label seperti “kue mangkuk” ke timer, gunakan Siri. Angkat Apple Watch Anda, lalu ucapkan sesuatu seperti “Atur timer kue mangkuk 12 menit.”

 

 

4. Mengakses Pengalih Aplikasi

 

Pada versi watchOS sebelumnya, anda boleh mengakses Dock dengan menekan butang Samping, tetapi pada watchOS 10 tindakan ini telah dipindahkan ke Pusat Kawalan.

 

Bahkan, Anda masih bisa mengakses Dock (sekarang disebut App Switcher) dengan menekan dua kali Digital Crown. Memutar Digital Crown akan menggulir aplikasi, dan aplikasi yang terakhir digunakan akan muncul di bagian depan Dock dengan aplikasi lain di belakangnya, sesuai urutan terakhir kali dibuka. Aplikasi yang sedang menjalankan sesi – sesi navigasi Peta atau sesi Olahraga, misalnya – muncul di bagian depan.

 

Anda juga dapat menghapus aplikasi dari Pengalih Aplikasi: putar Digital Crown ke aplikasi yang ingin Anda hapus, usap ke kiri pada aplikasi, lalu ketuk X.

 

 

5. Menyesuaikan Senter

Saat senter diaktifkan, Anda sekarang dapat menyesuaikan intensitas kecerahan dengan memutar Digital Crown ke atas dan ke bawah.

 

Untuk menyalakan senter, tekan tombol Samping untuk membuka Control Center, lalu ketuk tombol Senter. Jangan lupa, Anda juga bisa mengusap ke kiri untuk memilih mode – cahaya putih stabil, cahaya putih berkedip, atau cahaya merah stabil.

 

 

6. Mengatur Peringatan Ketinggian Target

 

Di aplikasi kompas, Anda dapat menetapkan ketinggian target dan menerima peringatan setelah melampaui ketinggian tersebut. Opsi peringatan baru ini dirancang untuk membantu Anda tetap aman dan mengingatkan Anda untuk beristirahat dan menyesuaikan diri saat bergerak.

 

Buka aplikasi Kompas, ketuk tombol info (i), lalu ketuk Atur Peringatan Target. Putar Digital Crown untuk mengatur elevasi target, lalu ketuk tombol centang, dan Anda akan menerima peringatan saat elevasi terlampaui.

 

 

7. Mendapatkan Elevasi Titik Jalan Relatif

 

Setiap layar yang menampilkan dial kompas di aplikasi Kompas memiliki tombol Elevasi baru di bagian bawah layar.

 

Ketuk, dan Anda akan mendapatkan tampilan seperti 3D dari elevasi waypoint Anda relatif terhadap elevasi Anda saat ini.

 

 

8. Menelusuri Titik Arah

 

Di watchOS 10, Anda dapat menelusuri titik arah, termasuk yang telah Anda buat di app Kompas serta titik arah dari panduan di app Peta.

 

Pada app Kompas, ketuk tombol info (i), lalu ketuk Titik Arah. Ketuk Compass Waypoints (Titik Arah Kompas), dan Anda akan melihat titik arah yang telah Anda buat serta titik arah yang dibuat secara otomatis, misalnya lokasi mobil yang diparkir dan perkiraan lokasi terakhir yang memiliki konektivitas seluler dan SOS Darurat.

 

Anda juga dapat mengetuk panduan, seperti My Places atau panduan yang Anda buat di aplikasi Peta, untuk melihat titik arah pada kompas. Perhatikan bahwa titik arah yang berjarak lebih dari 50 mil dari Anda tidak akan muncul pada tombol kompas.

 

 

9. Menemukan iPhone Anda dengan Petunjuk Arah

 

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 memiliki chip Ultra Wideband terbaru yang sama dengan yang dapat ditemukan di seri iPhone 15, jadi jika Anda memiliki salah satu model Apple Watch terbaru, Anda dapat menggunakan Precision Finding untuk melakukan ping ke iPhone 15 di sekitar Anda dan mendapatkan petunjuk arah yang akurat.

 

Pada Apple Watch, tekan tombol Samping untuk membuka Control Center, lalu ketuk tombol Ping iPhone. iPhone Anda akan mengeluarkan suara dan, jika Apple Watch Series 9 atau Ultra 2 Anda berada dalam jangkauan, layar akan menampilkan arah dan jarak umum ke iPhone Anda, dan ukuran lingkaran akan bertambah untuk memandu pergerakan ke arah yang benar.

 

 

10. Menemukan Jalur Pendakian

 

Di watchOS 10, Anda dapat menggunakan app Peta untuk menemukan jalur pendakian dan mempelajari lebih lanjut tentang jalur tersebut, termasuk detail seperti nama, panjang, ketinggian tertinggi dan terendah, dan jarak dari lokasi Anda saat ini ke titik akses terdekat.

 

Pada aplikasi Peta, gulir ke area yang ingin Anda cari, ketuk tombol cari, lalu masukkan “jalur” ke dalam kolom input. Titik jalan setapak terdekat akan muncul sebagai titik hijau yang dapat Anda ketuk, dan nama jalan setapak muncul di bagian bawah layar. Anda juga dapat memutar Digital Crown untuk menelusuri hasil jejak terdekat.

 

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Share:

Leave a response

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

RELATED POST