Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

iPhone 15 Pro versus Google Pixel 8 Pro – perbandingan spesifikasi, harga, dan fitur

Google baru-baru ini meluncurkan smartphone Pixel 8 Pro, menambahkan chip yang lebih cepat dan fitur AI untuk bersaing dengan iPhone 15 Pro. Inilah perbandingan spesifikasi keduanya.

 

Pada tanggal 4 Oktober, Google meluncurkan jajaran Pixel 8, menambahkan kemampuan baru untuk memikat pelanggan. Peluncuran ini dilakukan setelah Apple merilis jajaran iPhone 15 pada tanggal 12 September.

 

Kedua raksasa teknologi ini telah mengemas perangkat mereka dengan fitur-fitur canggih, mulai dari prosesor yang kuat hingga sistem kamera yang canggih. Semua ini dalam upaya untuk saling mengalahkan di pasar yang menuntut inovasi.

 

Baik itu chip Tensor G3 Google yang dioptimalkan untuk tugas-tugas AI atau chip A17 Pro Apple yang dirancang untuk kinerja tinggi dan efisiensi energi, kedua ponsel ini menjanjikan pengalaman pengguna yang mulus.

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Dimensi fisik

 

Dengan ukuran 6,4 inci kali 3 inci kali 0,3 inci dalam tinggi, lebar, dan kedalaman, serta berat 7,5 ons, Pixel 8 Pro sedikit lebih besar dan lebih berat daripada iPhone.

 

iPhone 15 Pro berukuran 5,77 inci kali 2,78 kali 0,32 inci dalam tinggi, lebar, dan kedalaman. Selain itu, beratnya 6,60 ons.

 

Namun, smartphone Apple ini lebih unggul dari Pixel 8 Pro dalam hal bahan. iPhone 15 Pro terbuat dari titanium, sementara Google memilih menggunakan aluminium untuk Pixel 8 Pro, meskipun ada rumor bahwa ia juga akan menggunakan titanium.

 

Aluminium lebih ringan, lebih murah, dan lebih mudah digunakan daripada titanium, menjadikannya pilihan smartphone yang umum. Namun, bahan ini lebih rentan terhadap goresan dan penyok.

 

Di sisi lain, titanium lebih kuat dan lebih tahan lama tetapi harganya lebih mahal. Memilih kedua bahan tersebut sering kali melibatkan pertukaran antara daya tahan dan harga.

 

Apple tidak pernah menggunakan titanium pada iPhone sampai sekarang, meskipun masih menggunakan aluminium pada bingkainya. Hal ini secara signifikan mengurangi bobot model Pro yang sebelumnya menggunakan baja tahan karat dalam konstruksinya.

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Tampilan

 

Pixel 8 Pro memiliki layar OLED LTPO 6,7 inci dengan resolusi 1.344 x 2.992 piksel, dan kerapatan piksel 489 “piksel per unit.” Layar ini mendukung kecepatan refresh variabel hingga 120Hz.

 

IPhone 15 Pro hadir dengan layar Super Retina XDR 6,1 inci, dengan resolusi 2.556 x 1.179, pada 460 PPI. Kedua ponsel ini menawarkan dukungan HDR dan tingkat kecerahan puncak yang tinggi, dan iPhone 15 Pro mendukung kecepatan refresh yang serupa dari teknologi ProMotion.

 

Tingkat kecerahan untuk iPhone 15 Pro mencapai 1600 nits untuk konten HDR dan hingga 2000 nits untuk kecerahan puncak di luar ruangan. Tingkat kecerahan Pixel 8 Pro mencapai 1600 nits untuk HDR, tetapi hingga 2400 nits untuk kecerahan puncak.

 

Kedua ponsel ini menawarkan tingkat kecerahan yang tinggi, tetapi Pixel 8 Pro sedikit lebih unggul dalam hal ini.

 

We connected a Pixel 8 Pro to an iPhone 15 Pro via USB-C

 

Google mencatat di halaman produknya bahwa Pixel 8 Pro memiliki kerapatan piksel yang diukur dalam “piksel per unit” yang entah bagaimana berbeda dengan “piksel per inci.” Meskipun PPU dan PPI berurusan dengan kerapatan piksel, keduanya memiliki tujuan yang berbeda dan digunakan dalam konteks yang berbeda.

 

PPI adalah ukuran yang lebih terstandardisasi berdasarkan inci dunia nyata, sedangkan PPU bisa berubah-ubah dan sering didefinisikan dalam konteks perangkat tertentu.

 

Namun, karena resolusi 1.344 x 2.992 piksel pada perangkat dengan ukuran diagonal 6,7 inci menghasilkan perhitungan piksel per inci sebesar 489,55, tampaknya pilihan yang aneh bagi Google untuk menghindari PPI sama sekali.

 

Baca juga: Apakah Casing iPhone 14 Cocok untuk iPhone 15 Baru?

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Kamera

 

Kedua perangkat menawarkan pengaturan kamera yang mengesankan. Pixel 8 Pro memiliki kamera lebar 50 megapiksel, kamera ultrawide 48MP, dan kamera telefoto 48MP dengan Super Res Zoom hingga 30x.

 

Pada iterasi terbaru, ultrawide diklaim oleh Google menawarkan fokus yang lebih baik untuk bidikan makro, sedangkan lensa telefoto dapat menangkap cahaya 56% lebih banyak dari model sebelumnya.

 

iPhone 15 Pro memiliki pengaturan yang serupa dengan kamera utama 48MP, lensa ultra-wide 12MP, dan dua lensa telefoto 12MP dengan rentang zoom optik hingga 6x.

 

Kedua ponsel ini menawarkan berbagai fitur fotografi canggih, tetapi iPhone 15 Pro memiliki sedikit keunggulan dengan stabilisasi gambar optik pergeseran sensor.

 

Apple menawarkan serangkaian fitur yang seimbang di iPhone 15 Pro, yang menekankan stabilisasi gambar optik dan fotografi komputasi. Misalnya, ada fotografi komputasi Deep Fusion dan Photonic Engine, Smart HDR 5, Portrait Lighting, potret dengan Fokus dan Kontrol Kedalaman, dan Mode Malam yang didukung oleh LiDAR.

 

Sementara itu, Pixel 8 Pro sangat mengandalkan jumlah megapiksel yang tinggi dan menawarkan fitur perangkat lunak yang unik seperti Magic Editor dan Audio Magic Eraser. Penggunaan Pro Control untuk menyesuaikan kecepatan rana dan ISO juga disediakan bagi para fotografer untuk mendapatkan kontrol yang lebih besar atas pemotretan.

 

Masing-masing mampu merekam video 4K, tetapi iPhone memiliki manfaat tambahan perekaman video ProRes dan dukungan Log, yang sangat berguna bagi videografer profesional.

 

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Prosesor

 

iPhone 15 Pro ditenagai oleh chip A17 Pro dari Apple, yang dilengkapi dengan CPU 6-core baru dengan dua core kinerja dan empat core efisiensi. Ini juga mencakup GPU 6-core baru dan Neural Engine 16-core.

Arsitektur chip baru ini menyeimbangkan kinerja tinggi dan efisiensi energi, sehingga ideal untuk segala hal, mulai dari bermain game hingga tugas-tugas tingkat profesional.

 

Pixel 8 Pro dilengkapi dengan prosesor Tensor G3 Google, disertai dengan koprosesor keamanan Titan M2. Google Tensor G3 dirancang untuk menawarkan kinerja tinggi untuk menjalankan aplikasi dan melakukan tugas-tugas bagi pengguna.

 

Prosesor ini dioptimalkan untuk tugas-tugas pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, mirip dengan chip A17 Pro dengan Neural Engine Apple untuk pemrosesan data lokal.

 

Tolok ukur Geekbench untuk iPhone 15 Pro dan Pixel 8 Pro menawarkan perbandingan yang menarik tentang kemampuan kinerjanya. iPhone 15 Pro, yang ditenagai oleh prosesor Apple A17 Pro, memiliki skor single-core 2893 dan skor multi-core 7183.

 

Di sisi lain, Pixel 8 Pro, yang berjalan dengan prosesor Google Tensor G3 baru, memiliki skor core tunggal 1757 dan skor multi-core 4005.

IPhone 15 Pro mengungguli Pixel 8 Pro dalam pengujian single-core dan multi-core. Hal ini berarti multitasking yang lebih lancar, peluncuran aplikasi yang lebih cepat, dan penanganan tugas-tugas yang membutuhkan sumber daya yang lebih baik pada iPhone.

 

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Konektivitas

 

iPhone 15 Pro dan Pixel 8 Pro menawarkan spektrum konektivitas seluler yang luas tetapi berbeda dalam hal detail. iPhone 15 Pro mendukung 5G NR dengan berbagai macam band, sedangkan Pixel 8 Pro mendukung 5G Sub 6GHz dan 5G mmWave, menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam konektivitas 5G.

 

Mengenai LTE, kedua ponsel ini serbaguna, mendukung berbagai pita dan frekuensi, sehingga cocok untuk perjalanan global.

 

Pixel 8 Pro memimpin dalam hal Wi-Fi dengan mendukung Wi-Fi 7 (802.11be), selangkah lebih maju dari Wi-Fi 6E (802.11ax) milik iPhone 15 Pro. Kedua ponsel ini menggunakan teknologi 2×2 MIMO, tetapi Pixel 8 Pro menambahkan lapisan tambahan dengan dukungan 6GHz.

 

Teknologi Bluetooth konsisten di kedua perangkat, masing-masing menggunakan Bluetooth 5.3. Setiap ponsel menyertakan chip Ultra Wideband untuk jangkauan dan orientasi spasial yang akurat.

 

Both devices have a USB-C port, a first for an iPhone

 

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Daya dan baterai

 

iPhone 15 Pro dan Pixel 8 Pro memprioritaskan daya tahan baterai yang tahan lama, tetapi keduanya mencapainya dengan cara yang berbeda. iPhone 15 Pro menawarkan pemutaran video hingga 23 jam dan pemutaran audio hingga 75 jam.

 

Ponsel ini juga mendukung pengisian daya cepat, memungkinkan pengisian daya 50% dalam 30 menit dengan adaptor 20W atau lebih tinggi. Ponsel ini mencakup pengisian daya nirkabel MagSafe hingga 15W dan pengisian daya nirkabel Qi hingga 7,5W.

 

Di sisi Google, Pixel 8 Pro menawarkan “Daya tahan baterai lebih dari 24 jam,” yang menurut keterangan tertulisnya didasarkan pada “pengujian dan perilaku seluler yang diharapkan,” daripada ditugaskan untuk pemutaran video secara konstan. Ia bahkan menawarkan mode “Penghemat Baterai Ekstrim” yang dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 72 jam.

 

Kapasitas baterainya ditetapkan sebagai 5050 mAh, yang dapat mencapai pengisian daya hingga 50% dalam 30 menit menggunakan Pengisi Daya USB-C 30W dari Google. Selain itu, ia menawarkan pengisian daya nirkabel yang cepat dan fitur Battery Share, yang memungkinkan perangkat untuk mengisi daya perangkat bersertifikasi Qi lainnya.

 

 

 

iPhone 15 Pro vs Pixel 8 Pro – Fitur lainnya

 

iPhone 15 Pro dilengkapi dengan Face ID, yang menggunakan pengenalan wajah tingkat lanjut untuk autentikasi yang aman. Pixel 8 Pro memiliki fitur Face Unlock, dan juga dilengkapi dengan Fingerprint Unlock dengan sensor sidik jari di bawah layar.

 

Menjalankan Android, ponsel Google ini juga mendukung metode membuka kunci yang lebih lama dengan pola, PIN, dan kata sandi. Pengguna iPhone 15 Pro dapat menggunakan kata sandi numerik atau kata sandi alfanumerik yang menggunakan kombinasi huruf dan angka.

 

Google telah menyoroti berbagai fitur keamanan di Pixel 8 Pro, termasuk VPN bawaan, sakelar untuk kamera dan mikrofon, perlindungan anti-malware dan anti-phishing, dan dukungan untuk kunci sandi.

 

Perusahaan ini juga membuat komitmen penting kepada pelanggan untuk menyediakan pembaruan OS dan keamanan selama tujuh tahun. Apple dikenal karena mempertahankan jangka waktu yang sama untuk menyediakan pembaruan pada perangkat yang lebih tua.

 

Apple menambahkan fitur gaming khusus ke jajaran iPhone untuk pertama kalinya dengan memperkenalkan ray tracing. Memanfaatkan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih memungkinkan pencahayaan, bayangan, dan pantulan yang sangat realistis dalam waktu nyata.

 

Fitur ini menawarkan tingkat ketepatan grafis yang sebelumnya hanya tersedia untuk konsol game kelas atas dan PC.

 

Meskipun rumor menyatakan bahwa chip Tensor G3 Google juga memiliki pelacakan sinar, para pengulas belum dapat mengonfirmasinya.

 

iPhone 15 Pro juga memperkenalkan fitur baru yang disebut “Tombol Aksi,” sebuah tambahan perangkat keras yang meningkatkan fungsionalitas perangkat. Fitur ini berfungsi sebagai kontrol yang dapat disesuaikan, memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat atau melakukan tugas tertentu dengan sekali tekan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Share:

Leave a response

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

RELATED POST

How is Tempered Glass Made?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perjalanan yang menarik tentang bagaimana tempered glass dibuat, dengan membuka cahaya pada setiap langkah