Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

Case iPhone 14 Baru Telah Hadir! Belanja Sekarang

Perbandingan Macbook Pro Chip M3 vs M2

Apple telah meningkatkan jajaran MacBook Pro premiumnya dengan chip baru. Berikut adalah perbandingan MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci yang dilengkapi M3 baru dibandingkan dengan rekan-rekan M2 mereka.

 

Acara Apple “Scary Fast” pada tanggal 30 Oktober menyaksikan kedatangan generasi chip Silicon Apple yang baru. M3 menjanjikan performa yang lebih cepat dan menawarkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan M2, dan Apple juga menghadirkan chip M3 Pro dan M3 Max sebagai pembandingnya.

 

Tidak seperti generasi sebelumnya, di mana Apple akan memimpin dengan model Mac entry-level sebelum memberikan alternatif MacBook Pro di akhir tahun, hal-hal yang jauh berbeda untuk M3. Apple malah memutuskan bahwa meluncurkan varian high-end akan menjadi strategi yang lebih baik kali ini.

 

Kita sekarang berada dalam situasi di mana dua generasi model MacBook Pro kelas atas telah dirilis pada tahun yang sama. Varian M2 Pro dan M2 Max Apple dari MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci baru saja tiba di bulan Januari, membuat pengenalan varian M3 di akhir tahun yang sama menjadi sangat tidak biasa bagi perusahaan.

 

Meskipun jarak antara edisi M2 dan M3 relatif singkat, ini masih dapat dilihat sebagai peningkatan bagi beberapa pemilik MacBook Pro yang menginginkan performa lebih.

 

Ini juga merupakan rilis yang tidak biasa karena Apple juga menyertakan model M3 di samping varian Pro dan Max, tidak seperti generasi M2. Setelah membunuh MacBook Pro 13 inci, MacBook Pro 14 inci M3 sekarang menjadi notebook Pro entry-level.

 

Untuk keperluan artikel ini, kita akan membahas fitur-fitur MacBook Pro 14 inci dan 16 inci.

 

 

 

MacBook Pro M2 vs MacBook Pro M3 – Desain, berat, ukuran

 

Sebagai apa yang biasanya disebut oleh para pengamat sebagai pembaruan spesifikasi, model MacBook Pro papan atas terbaru dari Apple hampir sama dengan model sebelumnya dalam hal penampilan dan banyak faktor lainnya.

 

Apple masih menggunakan penutup aluminium yang dapat didaur ulang sebagai bagian dari konstruksi yang berfokus pada lingkungan. Itu termasuk menggunakan logam tanah jarang untuk magnet, menggunakan 35% atau lebih plastik daur ulang dalam komponennya, dan 100% timah daur ulang untuk menyolder pada papan logika.

 

The keyboard and footprint of the M3 MacBook Pro models remain unchanged from the M2 versions.

 

Dengan ukuran 12,31 inci kali 8,71 inci untuk model 14 inci dan 14,01 inci kali 9,77 inci untuk model 16 inci, hanya sedikit yang perlu dikeluhkan dari segi ukurannya. Dengan ketebalan 0,61 inci untuk model 14 inci dan 0,66 inci untuk model 16 inci, keduanya juga masih nyaman dan tipis untuk dibawa-bawa.’

 

Dari segi berat, MacBook Pro selalu berat. Dengan berat 3,5 pon atau 3,6 pon tergantung pada chip yang Anda pilih untuk MacBook Pro M2 14 inci, dan 4,7 atau 4,8 pon untuk MacBook Pro M2 16 inci, keduanya tidak termasuk ringan, tetapi juga tidak terlalu berat.

 

Untuk model M3 Pro dan M3 Pro Max, tidak ada perubahan berat sama sekali. M3 14 inci adalah titik data baru, dan merupakan yang paling ringan dengan berat 3,4 pon.

 

 

 

MacBook Pro M2 vs MacBook Pro M3 – Display

 

Layar Liquid Retina XDR pada model M2 tidak asing lagi bagi pengguna MacBook Pro, karena layar ini sama dengan yang digunakan pada edisi M1. Masing-masing berukuran 14,2 inci dan 16,2 inci, keduanya merupakan panel layar dengan potongan takik di bagian atas untuk kamera FaceTime.

 

Keduanya juga memiliki resolusi 3.024 x 1.964 piksel dan 3.456 x 2.234 piksel dengan ukuran masing-masing, memberikan kerapatan piksel 254 piksel. Kamera ini juga dilengkapi lampu latar dengan LED mini, menghasilkan rasio kontras sejuta banding satu, dukungan Wide Color P3, dan tingkat kecerahan yang tinggi.

 

The M3 editions of MacBook Pro are slightly brighter.

 

Untuk versi M2, terdapat kecerahan definisi standar 500 nits, dengan kecerahan XDR 1.000 nits yang dipertahankan untuk gambar layar penuh, 1.600 nits pada puncaknya, saat melihat konten HDR.

 

Lalu ada ProMotion, yang menawarkan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz, dan teknologi True Tone untuk menangani perubahan pencahayaan lingkungan.

 

Edisi MacBook Pro M3 secara efektif tidak berubah dari rilis M2 dan M1, dengan spesifikasi identik yang digunakan untuk rilis generasi ketiga ini. Satu perubahan tampilan yang menonjol adalah bahwa layar sekarang memiliki kecerahan SDR maksimum 600 nits, dengan yang lainnya tetap statis.

 

Seperti biasa, Anda dapat menghubungkan layar eksternal ke model MacBook Pro, meskipun chip Apple Silicon yang dipilih untuk tugas tersebut menentukan seberapa jauh Anda dapat mendorongnya.

 

 

 

M2 MacBook Pro vs M3 MacBook Pro – Performa

 

Versi M2 dari MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci menggunakan beberapa varian chip M2 Pro dan M2 Max dalam konfigurasinya.

 

M2 Pro memiliki dua konfigurasi CPU, yang terdiri dari CPU 10-core dengan enam core performa dan empat core efisiensi, dan varian 12-core dengan delapan core performa dan empat core efisiensi. M2 Max memilih tata letak 12 inti dengan pembagian inti yang serupa.

 

M2 Pro dimulai dengan GPU 16-inti, dengan varian GPU 19-inti juga tersedia. M2 Max dimulai dengan GPU 30-core dengan alternatif 38-core yang tersedia.

 

Pro diuntungkan dengan bandwidth memori sebesar 200GB/s, yang sangat membantu dalam bekerja dengan skema memori terpadu Apple. M2 Max menggandakan bandwidth menjadi 400GB/s.

 

Kedua variasi M2 memiliki Neural Engine 16-inti untuk mempercepat tugas dan menangani elemen-elemen aplikasi berbasis pembelajaran mesin.

 

Ada juga Media Engine di dalam chip M2, yang digunakan untuk menyediakan encoding dan decoding video yang dipercepat oleh perangkat keras, sehingga CPU tidak perlu berurusan dengan hal tersebut dan pada gilirannya mempercepat kinerja.

 

M2 Pro memiliki masing-masing satu mesin encode dan decode video, serta satu mesin encode dan decode ProRes. M2 Max memiliki satu mesin decode video, tetapi menggandakan mesin encode dan versi ProRes.

 

Trio chip M3 dari Apple memiliki beberapa perbedaan yang cukup besar jika dibandingkan dengan M2.

 

M3 adalah CPU 8 inti yang dibagi secara merata antara inti kinerja dan efisiensi, dengan GPU 10 inti, serta Neural Engine dan Media Engine 16 inti.

 

M3 Pro dimulai dengan CPU 11-core dengan GPU 14-core, yang bergabung dengan versi CPU 12-core yang menggunakan 6 core performa dan 6 core efisiensi, serta GPU 18-core. Keduanya juga mendapatkan manfaat dari Neural Engine dan Media Engine.

 

M3 Max hadir dalam dua jenis, termasuk CPU 14-core dengan GPU 30-core, serta CPU 16-core yang menggunakan 12 core performa dan 4 core efisiensi dan GPU 40-core. Versi Pro Max juga menggunakan Neural Engine 16-core, tetapi menggandakan encode video dan mesin ProRes untuk Media Engine.

 

 

 

M2 MacBook Pro vs M3 MacBook Pro – Benchmark

 

Alat benchmark Geekbench memiliki hasil untuk model Mac15,3, yang mengidentifikasi MacBook Pro 14 inci dengan M3. Ini adalah model dasar dengan CPU 8-core.

 

Geekbench scores for the M3 MacBook Pro

 

M3 mencetak skor 3.030 untuk single core dan 11.694 untuk multi core. MacBook Pro 13 inci M2 yang digantikannya memiliki skor 2.556 untuk single core dan 9.928 untuk multi core.

 

Spesifikasi ini sesuai dengan klaim Apple bahwa M3 lebih cepat 20% dari M2.

 

Geekbench juga menunjukkan skor untuk model Mac15,9, yang setara dengan MacBook Pro 16 inci dengan M3 Max.

 

Skor single-core untuk M3 Max adalah 2.971 dan skor multi-core adalah 20.785. Bandingkan dengan M2 Ultra di Mac Studio, yang memiliki skor 2.692 untuk single core dan 21.231 untuk multi-core.

 

 

 

M2 MacBook Pro vs M3 MacBook Pro – Kamera dan audio

 

Di dalam lekukan di bagian atas layar pada model M2 MacBook Pro terdapat kamera FaceTime HD 1080p, sebuah perangkat pencitraan yang cukup umum di jajaran produk Apple saat ini.

 

Kamera ini dibantu oleh prosesor sinyal gambar canggih yang disertakan dalam chip M2, dengan bantuan video komputasi yang mampu meningkatkan kualitas umpan video dan membuat pengguna terlihat lebih baik di depan kamera.

 

Sekali lagi, untuk M3, Apple menggunakan pengaturan kamera yang sama.

 

Kemiripan berlanjut pada suara karena produksi audio ditangani oleh sistem suara enam speaker untuk kedua generasi, lengkap dengan woofer peredam suara. Sistem ini mampu menangani suara stereo yang luas, dengan dukungan untuk Audio Spasial untuk konten Dolby Atmos yang diputar menggunakan speaker tersebut.

 

Jika Anda memiliki model AirPods dengan Audio Spasial dengan dukungan pelacakan kepala dinamis, model ini juga dapat digunakan dengan MacBook Pro. Jika Anda memiliki speaker di TV atau monitor yang terhubung ke MacBook Pro melalui HDMI, itu juga dapat digunakan untuk output audio multi-saluran.

 

Untuk input audio, MacBook Pro M2 dan M3 menggunakan tiga mikrofon “kualitas studio” dalam sebuah array, lengkap dengan rasio signal-to-noise yang tinggi dan kemampuan beamforming terarah.

 

Jika Anda ingin menyambungkan beberapa aksesori audio pribadi berkabel, semuanya menyertakan jack headphone 3,5 mm, lengkap dengan dukungan canggih untuk headphone berimpedansi tinggi.

 

 

Baca juga: Skor Benchmark Chip M3 menunjukkan peningkatan kecepatan dibandingkan Chip M2

 

 

M2 MacBook Pro vs M3 MacBook Pro – Penyimpanan, konektivitas, daya

 

Model MacBook Pro M2 memiliki dukungan untuk kapasitas penyimpanan SSD internal mulai dari 512GB dan dapat ditingkatkan hingga 1TB, 2TB, 4TB, dan 8TB, tergantung pada konfigurasi.

 

Hal ini sama dengan MacBook Pro M3 Pro dan Max, kecuali versi M3 memiliki kapasitas 512GB, 1TB, dan 2TB, dan Anda hanya bisa mendapatkan 8TB dengan chip M3 Max.

 

Untuk memori, konfigurasinya mulai dari 16GB untuk M2 Pro, dengan 32GB sebagai alternatif. Chip M2 Max mulai dari 32GB dengan opsi 64GB, meskipun chip kelas atas bisa mencapai 96GB.

 

The ports of the M3 Pro and M3 Max MacBook Pro

 

Untuk jajaran M3, hal ini menjadi cukup rumit karena ada tiga jenis chip yang perlu dipertimbangkan.

 

Chip M3 menyertakan memori 8GB pada model dasar, serta upgrade 16GB dan 24GB. Model M3 Pro dapat dikonfigurasikan dengan memori 18GB atau 36GB.

 

Untuk M3 Max, jika Anda memilih chip dengan CPU 14-core dan GPU 30-core, pilihan memori Anda adalah 36GB atau 96GB. Memilih CPU 16-core berdaya penuh dan GPU 40-core mengubah pilihan menjadi 48GB, 64GB, atau 128GB.

 

 

 

M2 MacBook Pro vs M3 MacBook Pro – Harga

 

Tersedia dalam warna Space Gray atau Silver, MacBook Pro 14 inci M2 Pro mulai dari $1.999, dengan CPU 10-core, GPU 16-core, memori 16GB, penyimpanan 512GB, dan pengisi daya 67W.

 

Untuk mendapatkan CPU 12-core M2 Pro dengan GPU 19-core, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar $300 dari harga dasar. Upgrade M2 Max membutuhkan biaya $500 di atas harga dasar untuk versi GPU 30-core, atau $700 untuk 38-core.

 

Mulai dari memori terpadu 16GB, hingga 32GB membutuhkan biaya $400 lebih mahal, dengan opsi 64GB yang membutuhkan upgrade $800 dari 16GB, atau ada juga upgrade 96GB seharga $1.200. Namun, dua kapasitas yang lebih tinggi ini hanya tersedia di bawah M2 Max.

 

Penyimpanan mulai dari 512GB dapat ditingkatkan menjadi 1TB seharga $200, atau menjadi 2TB seharga $60. Memiliki penyimpanan 4TB lebih mahal $1.200 daripada opsi 512GB, meskipun Anda bisa memilih 8TB dengan biaya upgrade $2.400.

 

MacBook Pro 14 inci M3 mulai dari $ 1.599 dengan memori 8GB, penyimpanan 512GB, dan adaptor daya 70W. Upgrade memori adalah $200 untuk naik dari 8GB ke 16GB, dan $200 lagi untuk mencapai 24GB. Upgrade penyimpanan adalah $200 untuk 1TB dan $400 lebih banyak untuk 2TB, tetapi upgrade pengisi daya 96W hanya $20.

 

MacBook Pro 14 inci dengan M3 Pro mulai dari $ 1.999 dengan CPU 11-core, GPU 14-core, memori terpadu 18GB, penyimpanan 512GB, dan pengisi daya 70W. Upgrade chip ke M3 Pro dengan CPU 12-core dan GPU 18-core adalah $200, sedangkan upgrade memori 36GB adalah $400.

 

Beralih ke chip M3 Max dengan CPU 14-core dan GPU 30-core, lengkap dengan memori 36GB dan penyimpanan 512GB, biayanya menjadi $2.999. Upgrade memori ke 96GB membutuhkan tambahan $800, meskipun Anda mendapatkan adaptor 96W secara gratis.

 

Memilih M3 Max dengan CPU 16-core dan GPU 40-core akan menambah biaya $300 di atas biaya chip M3 Max yang lebih rendah. Ini juga mengubah memori menjadi 48GB, dengan peningkatan 64GB seharga $200 dan 128GB dengan tambahan $800 di atasnya.

 

MacBook Pro 16 inci M3 Pro dimulai dengan CPU 12-core, varian GPU 18-core dengan harga $ 2.499, dan menawarkan peningkatan yang sama dengan model Pro dan Max 14 inci. Namun, secara keseluruhan harganya menjadi $300 lebih mahal daripada model yang lebih kecil.

 

Upgrade penyimpanan untuk model M3 Pro dan M3 Max mengikuti struktur yang sama dengan M2 Pro dan M2 Max, dengan ketentuan bahwa kapasitas 8TB hanya terbatas pada chip M3 Max.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Share:

Leave a response

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

MOST POPULAR

CATEGORIES

Get The Latest Updates

SUBSCRIBE TO OUR UPDATES

More on this are provided in our Privacy Policy

RELATED POST

Fungsi Case iPhone

Udah capek dipusingin sama banyak pilihan Case iPhone yang ada? Atau mungkin kamu bingung mau pilih Case iPhone yang mana?